All About SMA Negeri 3 Banjar

All About Kota Banjar

Jumat, 06 Maret 2009

Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES

Prosedur Pendaftaran SPMU 2009
Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan ini mengumumkan bahwa pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNNES (SPMU) untuk program kependidikan dan nonkependidikan jenjang Sarjana (S1) dan Diploma 3 (D3) akan dilaksanakan pada tanggal 13 Januari s.d. 13 Februari 2009 dengan sistem on line. Calon peserta dapat mengisi formulir pendaftaran melalui situs SPMU UNNES dengan alamat http: //spmu.unnes.ac.id.

KETENTUAN UMUM

  1. Terdaftar sebagai siswa kelas III SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2008/2009 atau telah berijazah SMA/SMK/MA/ Kesetaraan Paket C tahun 2006/2007/2008.
  2. Memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk belajar di UNNES.
  3. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/ cacat yang dapat mengganggu kelancaran belajar dan melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.
  4. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.
PILIHAN PROGRAM STUDI

  1. Peserta SPMU berhak memilih sebanyak-banyaknya dua program studi baik jenjang Sarjana (S1) maupun Diploma 3 (D3).
  2. Daftar program studi yang dibuka dapat dilihat pada pengumuman ini atau melalui http://spmu.unnes.ac.id.
PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Peserta mengisi formulir pendaftaran secara on line pada situs SPMU (dengan diakses dari warnet, melalui komputer yang terhubung dengan jaringan Internet di sekolah atau di rumah, atau melalui jaringan komputer lokal UNNES yang disediakan panitia di Gedung H Lantai I Kampus Sekaran, Semarang).
  2. Setelah melakukan pengisian formulir dengan benar, peserta akan memperoleh nomor PIN dan formulir pendaftaran yang harus dicetak melalui printer (petunjuk pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat di situs SPMU).
  3. Selanjutnya peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran sesuai pilihan program studi masing-masing: (a). Rp 175.000,- bagi peserta yang memilih selain kelompok olahraga atau seni; (b). Rp 200.000,- bagi peserta yang memilih kelompok olahraga atau seni.
  4. Pembayaran dilakukan melalui transfer ke rekening Rektor Unnes Nomor 1051.000003 pada Bank Jateng Cabang Pembantu Unnes dengan mencantumkan nama, asal sekolah dan nomor PIN pada slip bukti pembayaran.
  5. Dengan membawa bukti cetak formulir pendaftaran dan bukti pembayaran, peserta melakukan pendaftaran ulang (verifikasi) di meja pelayanan SPMU di Gedung H Lantai I Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah dengan membawa:
          a. Formulir pendaftaran dan bukti pembayaran biaya pendaftaran;
          b. Surat Keterangan Kepala Sekolah bagi siswa kelas III SMA/SMK/MA, atau fotokopi                ijazah bagi lulusan SMA/SMK/MA/Kesetaraan yang telah diligalisasi Kepala Sekolah                atau pejabat yang berwenang;
          c. Pasfoto berwarna (dof) terbaru ukuran 3X4 cm sebanyak 4 lembar;
          d. Fotokopi bukti prestasi bagi pemenang lomba keilmuan, keterampilan, seni, atau olah                raga minimal tingkat Kabupaten/Kota (bila ada)

PELAKSANAAN TES


      1. Peserta SPMU wajib mengikuti tes tertulis, tes keterampilan, dan wawancara dengan           jadwal sebagai berikut.

          28 – 02 – 2009 Tes Tertulis: Bhs. Indonesia & Bhs. Inggris, Matematika, IPA, dan IPS

          01 – 03 – 2009 Tes Keterampilan untuk Jurusan / Prodi Seni dan Olahraga

          29 – 03 – 2009 Tes Wawancara (untuk semua Prodi kependidikan bagi yang lulus tes           tertulis)

LAIN-LAIN
  1. Peserta SPMU yang mendaftar langsung di sekretariat panitia SPMU dilayani pada hari Senin s.d. Kamis (jam 08.00-15.00), dan Jumat (jam 08.00-11.00).
  2. Informasi pendaftaran selengkapnya dan jurnal pendaftaran dapat dilihat di situs SPMU http://spmu.unnes.ac.id.
  3. Peserta yang tidak melaksanakan daftar ulang (verifikasi) dinyatakan batal menjadi peserta tes.
  4. Peserta tes menyiapkan alas tulis, pensil 2B, dan karet penghapus untuk menuliskan jawaban pada lembar jawab tes SPMU.
  5. Hasil tes tertulis dan tes keterampilan bagi pemilih program studi kependidikan akan diumumkan pada tanggal 17 Maret 2009 melalui situs SPMU.
  6. Peminat program studi kependidikan yang lulus tes tertulis dan tes keterampilan wajib mengikuti tes wawancara pada tanggal 29 Maret 2009.
  7. Informasi mengenai tempat dan jadwal tes dapat dilihat pada Kartu Peserta SPMU.
  8. Hasil seleksi akhir akan diumumkan pada tanggal 05 Mei 2009 melalui:
          a. Situs SPMU Unnes
          b. SMS (ketik UNNES
     9. Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melakukan registrasi pada tanggal 2          s.d. 4 Juni 2009.
   10. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada suatu program studi tidak diperkenankan           untuk mengajukan permohonan pindah ke program studi lain.
    11. Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi melalui jalur SPMU dinyatakan gugur apabila           yang bersangkutan:

          a. tidak hadir pada tanggal registrasi.
          b. tidak lulus ujian akhir nasional SMA/SMK/MA/Paket C.

    12. Selain SPP dan biaya pendidikan lain, mahasiswa baru Unnes berkewajiban membayar           Sumbangan Pengembangan Lembaga minimal sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah).
    13. Semua jenis pembayaran tidak dapat dibatalkan kecuali peserta tidak lulus ujian nasional            atau ujia kesetaraan.
    14. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, perubahan itu akan diumumkan           melalui situs SPMU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar