All About SMA Negeri 3 Banjar

All About Kota Banjar

Kamis, 29 Januari 2009

Penerimaan Mahasiswa Baru UII Semua Jalur

Computer Based Test (CBT) Print E-mail
Wednesday, 26 November 2008

CBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Calon dapat memilih maksimal 2 pilihan program studi. Tes dilaksanakan di UII dan di kota-kota tertentu di luar DIY. Semua program studi melakukan penerimaan dengan pola CBT ini namun untuk Fakultas Kedokteran tidak melaksanakan CBT di luar Kampus UII. Info lebih lanjut dapat diperoleh di website www.uii.ac.id .

JADWAL UJIAN CBT

Di Kampus UII

CBT dilaksanakan mulai 1 Desember 2008 - 5 Agustus 2009 setiap hari Senin - Sabtu pukul 08.00 – 14.00 (kecuali hari libur) di Gedung Rektorat (lantai 1) Kampus Terpadu. Calon mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran langsung di bank yang tersedia di tempat pendaftaran.

Di Luar Kampus UII

Ditentukan kemudian, lihat informasi di website www.uii.ac.id . Membayar biaya pendaftaran langsung di tempat pendaftaran.

BIAYA DAN PENDAFTARAN

CBT untuk Strata 1 (S1)

  • Untuk calon yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 dan bila dengan tes TOEFL-like dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00.
  • Untuk calon yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00.

CBT untuk Diploma 3 (D3)

  • Untuk calon yang melakukan ujian CBT di Kampus UII dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 125.000,00.
  • Untuk calon yang melakukan ujian CBT di luar Kampus UII dikenai biaya sebesar Rp. 175.000,00.
  • Calon mahasiswa yang memilih Program Studi di Strata 1 dan Diploma III (pilihan ganda), dikenakan biaya CBT seperti Jenjang Strata 1 yaitu Rp 175.000,00.

PENGUMUMAN DAN REGISTRASI AWAL

Hasil dapat diperoleh segera setelah tes dilakukan, untuk registrasi awal lihat sub bagian tentang Registrasi .

PERSYARATAN MENGIKUTI CBT

  1. Foto copy ijazah SMA, SMU, MA atau SMK bagi yang sudah lulus (1 lembar) atau Foto copy Kartu Siswa atau Kartu Peserta UAN (1 lembar)
  2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm (2 lembar)
  3. Tanda bukti / kwitansi pembayaran dari Bank
  4. Khusus Program Studi Kedokteran harus dari SMA IPA

Tata Tertib Peserta

  1. Berpakain rapi ( wanita : pakaian muslimah, pria : Kemeja )
  2. Bersepatu
  3. Buku catatan dan tas tidak diperkenankan masuk ruang CBT
  4. Tidak diperkenankan membawa alat komunikasi berupa handphone dan sejenisnya.
Paper Based Test (PBT) Print E-mail
Wednesday, 26 November 2008

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. PBT terdiri dari dua kategori yaitu Prestasi dan Mandiri yang dilaksanakan hanya di Kampus Terpadu UII. Semua program studi melakukan penerimaan dengan pola PBT Prestasi. Beberapa program studi juga akan menerima dengan cara PBT Mandiri yang rinciannya akan diinformasikan kemudian.

KATEGORI PBT PRESTASI

PBT Prestasi adalah pola seleksi berbasis ujian tulis dimana komponen nilai otomatis akan menentukan besarnya nilai sumbangan Catur Dharma. Dengan cara ini semakin tinggi nilai UPCM akan mengakibatkan semakin rendahnya sumbangan.

KATEGORI PBT MANDIRI

PBT Mandiri adalah pola seleksi berbasis ujian tulis dan besarnya dana yang diinfakkan bagi pengembangan pendidikan di UII sepenuhnya ditanggung mandiri oleh orang tua/ calon siswa. Dalam kategori ini komponen nilai tetap akan menentukan kelulusan.

BIAYA DAN PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran PBT adalah sebesar Rp 175.000,00. Pendaftaran dapat dilakukan on site maupun on line.

  1. Pendaftaran on site dilakukan di Gedung Rektorat (lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Jl. Kaliurang, Km 14,5; Yogyakarta, Telp. (0274) 898444 (hunting) dengan membayar uang pendaftaran di bank yang tersedia di lokasi.
  2. Pendaftaran on line melalui website UII www.uii.ac.id. dengan membayar melalui transfer ke Bank Mandiri Cabang Yogyakarta Sudirman Nomor Rekening 137-0002150890 paling lambat satu minggu sebelum berakhirnya pendaftaran. Peserta yang melakukan pembayaran dengan cara transfer harus mengirimkan bukti pembayaran melalui fax. 0274-898459 atau e-mail: ppmb@uii.ac.idThis e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it yang dilengkapi:
    • nama peserta dan pilihan periode ujian (pilihan jalur pendaftaran
    • alamat dan nomer telepon yang dapat dihubungi untuk konfirmasi
    • calon mahasiswa harus menyerahkan syarat-syarat pendaftaran di Gedung Rektorat (lantai 1) Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang km 14,5 Yogyakarta, selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan tes, untuk selanjutnya menerima Kartu Peserta UPCM.

JADUAL GELOMBANG TES

UII menyelenggarakan 4 gelombang tes PBT yaitu PBT Prestasi I, II serta III dan PBT Mandiri. Adapun waktu pendaftaran, pelaksanaan seleksi, jadual registrasi dan pembayaran SPP adalah sebagai berikut:

PBT

Pendaftaran

Registrasi

I

22 Desember 2008

s.d.

2 Januari

8 Januari s.d.

16 Januari







II + Mandiri

2 Maret s.d.

6 Maret

12 Maret s.d.

20 Maret

III

22 Juni s.d. 10 Juli

16 Juli s.d.31 Juli

Semua tanggal adalah tahun 2009, kecuali disebut lain.

Waktu Pendaftaran: Senin-Kamis, pukul: 08.00-14.00; Jum’at pukul: 08.00-11.30 dan 13.00-14.00.

Pada hari libur nasional tidak dibuka pendaftaran

PENGUMUMAN DAN REGISTRASI AWAL

Hasil dapat diperoleh 3 hari setelah tes dilakukan. Calon Mahasiswa yang diterima PBT Prestasi langsung melakukan registrasi untuk mendapat status sebagai mahasiswa. Prosedur registrasi lihat di sub bagian Registrasi.

Khusus yang diterima melalui jalur PBT Mandiri terdapat biaya registrasi awal yang akan ditentukan kemudian dan dituangkan dalam Surat Panggilan Diterima.

Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB) Print E-mail
Wednesday, 26 November 2008

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat-Bakat. Jalur PSB ini terdiri dari beberapa kategori. Semua program studi menerima jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh Fakultas.Yogyakarta

Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (misalnya olimpiade sain, lomba karya ilmiah remaja dan lain-lain).

Syarat Pendaftaran

  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) pada semester ke-3 dan 4 atau semester ke-4 dan 5, kecuali untuk Prodi Akuntansi minimal 8 (delapan)
  2. Atau, fotokopi sertifikat yang membuktikan prestasi dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan
  3. Atau, Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan masuk ranking 10 (sepuluh) besar pada semester ke-3 dan 4 dan atau semester ke-4 dan 5
  4. Berkelakuan baik berdasar keterangan Kepala Sekolah.
  5. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 1 (satu) lembar.

Kategori Siswa Berprestasi di Bidang Olah Raga dan Seni

Ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.

Syarat Pendaftaran

  1. Menyerahkan bukti prestasi yang dilegalisasi oleh lembaga yang berwenang.
  2. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 1 (satu) lembar.

Kategori SISWA Bibit Unggul Tidak Mampu

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan tidak mampu secara ekonomi. Khusus kategori ini maka siswa yang dinyatakan diterima dibebaskan biaya studi yang meliputi SPP (selama 8 semester) dan sumbangan dana Catur Dharma. Siswa dikenai evaluasi prestasi setiap semesternya dan beasiswa ini dapat dicabut bila siswa tidak menunjukkan prestasi yang cukup.

Syarat Pendaftaran

  1. Fotokopi rapor dengan nilai akademik rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) pada semester ke-2,3,dan5 atau semester ke-3,4dan5.
  2. Masuk ranking 5 (lima) besar sekolah pada semester ke 2, 3, dan 5 atau semester ke 3, 4 dan 5.
  3. Ketidakmampuan secara ekonomi dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kecamatan atau Kartu Keluarga Miskin (Gakin) serta dimungkinkan adanya pemeriksaan langsung yang dilakukan oleh UII.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar